Picture
Layanan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) selama ini menjadi salah satu fitur eksklusif yang hanya dijumpai di BlackBerry. Namun, sepertinya eksklusifitas tersebut tidak lama lagi akan hilang dari BlackBerry.

Ya, dalam acara BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS Thorsten Heins mengumumkan soal akan dibukanya layanan BlackBerry Messenger di iOS dan Android.

Setidaknya ada sejumlah kemungkinan yang menjadikan BlackBerry Messenger dibuka untuk Android dan iOS. Berikut beberapa kemungkinan alasan kenapa BlackBerry Messenger hadir di Android dan iOS.

Jumlah Pengguna

Sampai saat ini pengguna BlackBerry Messenger tercatat ada 60 juta. Namun, angkat tersebut sudah mengalami penurunan dari angka 80 juta pengguna tadinya.

Market Share BlackBerry

Saat ini market share dari BlackBerry terus mengalami penurunan atau bisa dibilang makin tergerus. Bahkan, BlackBerry Z10 masih kalah dengan ponsel high end Android dan iPhone. Jika market share BlackBerry turun maka hal ini berimbas pada turunnya penggun BlackBerry Messenger.

Tren Instant Messenger Terus Menggila

Perang instant messenger yang sekarang ini sedang naik daun terus menarik minat para pengguna smartphone. Tidak menutup kemungkinan BlackBerry Messenger pun ikut terjun dalam tren ini jika tidak ingin semakin tergilas. Thorsten Heins, CEO BlackBerry pun percaya diri, menurutnya BlackBerry berharap bisa memperluas basis pelanggan BlackBerry Messenger.

BlackBerry Bisnis Layanan

Selama ini BlackBerry berbisnis mengandalkan hardware dan aplikasi. Berubah menjadi perusahaan yang hanya menyediakan layanan atau service pun juga tak menutup kemungkinan untuk dilakukan. Saat ini hanya Apple yang masih bertahan berbisnis hardware sekaligus aplikasi secara bersamaan.

Manisnya Pasar Sosial Media

Sosial media atau jejaring pertemanan cukup besar menyimpan potensi pemasukan. BlackBerry pun merilis jejaring sosial mirip Twitter yang di dalamnya mempunyai fitur Follow dan Like. Tak menutup kemungkinan hal ini menjadi alasan BBM dibuka untuk Android dan iOS.

Monetisasi BlackBerry Messenger Lebih Jauh

Beberapa layanan instant messenger yang ada saat ini menerapkan monetisasi seperti membeli sticker. Kemungkinan melakukan monetisasi dengan pendekatan secara app purchase pun kemungkinan bisa saja dilakukan oleh BlackBerry.

Langkah BlackBerry yang akan menghadirkan BBM di Android dan iOS memang terus menjadi perdebatan. Rencananya BlackBerry Messenger di jadwalkan akan hadir bulan Juli 2013 mendatang.
10/16/2013 9:53pm

BBM ko ada di IOS dan Android. Jadi bukan Blackberry Messenger lagi donk entar malah jadi IOS Messenger dan Android Messenger :D

Reply
10/16/2013 9:55pm

Begitu ternyata alasan mengapa BBM bisa hadir di IOS dan android

Reply
10/16/2013 9:56pm

Gila, BBM hadir di IOS sama Android ? baru tau

Reply
J Cool Qusaery
01/10/2014 7:42am

Terus hp bb sendiri apa ???

Reply
05/07/2015 8:55am

Keren ya sekarang BBM sudah bisa di Android.
Jadi makin cinta deh sama si robot ijo ini. he...

Reply



Leave a Reply.