Setiap orang di dunia baik yang berpasangan maupun yang single tentunya menginginkan rumah idaman untuk ditinggali. Namun harga jual rumah tidaklah murah, bahkan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Masalah inilah yang seringkali menghambat orang dalam membeli sebuah rumah baik di yang berukuran luas maupun yang sempit. Namun saat ini sudah tidak ada yang tidak mungkin, termasuk membeli sebuah rumah.

Saat ini sudah ada KPR yang merupakan singkatan dari kredit pemilikan rumah yang digunakan untuk membeli rumah secara kredit. KPR juga biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan rumah. Saat ini banyak bank yang menawarkan program kredit rumah KPR dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap bank akan menawarkan hal-hal yang berbeda oleh karena itu jangan langsung terpancing dengan satu tawaran. Pastikan anda tahu betul proses kerjanya program tersebut agar tidak merugikan untuk anda dan orang lain.


Salah satu bank yang menawarkan bantuan kredit rumah KPR adalah bank BTN. KPR dari bank ini merupakan sebuah komitmen dalam mendukung dan melaksanakan subsidi pemerintah untuk menyediakan pembiayaan pemilikan rumah tinggal. Program ini tentunya sangat membantu bagi mereka yang ingin memiliki sebuah rumah namun memiliki budget yang terbatas setiap bulannya.

Bank BTN merupakan salah satu bank yang menawarkan kredit kepemilikan rumah dengan suku bunga rendah serta cicilan yang ringan. Selain itu program ini juga terdiri dari dua macam kredit yaitu KPR untuk pembelian rumah tapak serta KPR sejahtera untuk pembelian rumah susun, jadi kredit untuk pembelian setiap jenis rumah akan berbeda.

Beberapa keunggulan lain dari program kredit rumah KPR yang dimiliki oleh BTN adalah suku bunganya yang cukup rendah yaitu 7,25% sepanjang waktu kredit anda. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi anda karena harganya akan tetap terus segitu saja. Selanjutnya prosesnya cepat dan mudah untuk dilaksanakan. Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika memutuskan untuk menggunakan kredit rumah KPR adalah uang mukanya, namun untuk ini anda tidak perlu khawatir karena biayanya dan prosesnya cukup ringan.

Jangka waktu peminjamannya pun cukup flexible, yaitu sampai dengan 15 tahun, plus anda akan mendapatkan asuransi jiwa serta kebakaran. Untuk mendapatkan/mengikuti program ini anda harus memiliki beberapa persyaratan umum seperti WNI dan berdomisili di Indonesia.

Selain itu anda paling tidak memiliki penghasilan pokok minimal Rp 3,5 juta per bulannya untuk yang ingin mengajukan KPR sejahtera tapak dan Rp 5,5 juta untuk yang susun. Persyaratan yang biasanya diajukan oleh sebuah bank, sebernya persaratan semua bank sama, namun yang membedakan hanyalah bunga dan cicilan yang ditawarkan oleh bank tersebut. Jadi pilihlah bank dan program yang paling membantu anda.



Leave a Reply.