Picture
BlackBerry Z10 Banyak Dikembalikan ke Toko? - Dua lembaga riset menyatakan penjualan ponsel pintar BlackBerry Z10 tidak mendapat sambutan baik di Amerika Serikat (AS). Banyak pengguna yang memilih untuk mengembalikan produk tersebut. Namun, pihak BlackBerry membantah laporan itu.

Joseph Fersedi, analis dari lembaga riset ITG Investment Research, mengatakan, peluncuran BlackBerry Z10 di AS mulai memburuk dan melemah signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Fersedi berpendapat, pada mulanya BlackBerry Z10 di toko operator seluler Verizon mencapai 4 persen, dan 7 persen di toko AT&T. Namun, jumlah penjualan itu turun menjadi 1 sampai 2 persen.

Lembaga jasa keuangan Detwiler Fenton & Co. juga menyampaikan kabar buruk untuk BlackBerry. Menurut Detwiler Fenton & Co, beberapa pengecer di AS melihat banyak pelanggan yang mengembalikan BlackBerry Z10 karena menganggap ponsel tersebut kurang intuitif. 

Hal ini memang diperbolehkan karena di pasar AS ada kebijakan pengembalian barang jika konsumen tidak puas dengan produk yang dibeli.

"Dalam beberapa kasus, pengembalian sekarang telah melebihi penjualan, sebuah fenomena yang belum pernah kita lihat sebelumnya," tulis lembaga riset Detwiler Fenton & Co dalam sebuah laporan, Jumat (12/4/2013).

BlackBerry dengan cepat menanggapi spekulasi dua lembaga riset itu. Perusahaan Kanada mengatakan, apa yang dilaporkan adalah tidak benar.

"Ini benar-benar palsu. Data kami menunjukkan bahwa tingkat pengembalian untuk perangkat BlackBerry Z10 di AS dan pasar global berjalan sesuai harapan atau lebih baik dari harapan kami, dan konsisten dengan tingkat pengembalian untuk smartphone premium lainnya di pasar saat ini," BlackBerry membantah dalam sebuah keterangan, seperti dikutip dari Bloomberg.

Sejatinya, BlackBerry Z10 dirancang untuk bersaing langsung dengan Apple iPhone dan ponsel Android kelas premium. Namun, jika melihat antusiasme warga AS terhadap BlackBerry Z10, ini maka bukanlah pertanda baik untuk BlackBerry.

Para analis memprediksi, ponsel BlackBerry Q10 yang mengusung desain papan ketik fisik justru akan meraih prestasi lebih baik ketimbang Z10.

10/16/2013 10:00pm

Tampilannya Oke tapi dikembalikan.
Orang amerika itu memang jeli sepertinya dalam setiap membeli produk atau barang

Reply
10/16/2013 10:01pm

Didunia maya, blackberry ini sedang diperbincangkan. Memang produk yang dikeluarkan blackberry itu pasti selalu jadi perhatian

Reply
10/16/2013 10:03pm

MM... ada apa gerangan. Jarang-jarang produk Blackberry dikembalikan.

Reply



Leave a Reply.